Ruang Tamu adalah tempat dimana Anda bisa bersama dengan teman, kerabat, atau tetangga untuk dapat saling menyapa dan juga menghabiskan waktu ketika berkunjung. Di setiap rumah pasti memiliki ruang tamu yang di design sesuai sedemikian mungkin untuk dapat terlihat indah dan tentunya nyaman untuk tamu. Bisa jadi pilihan Anda adalah ruang tamu dengan design yang minimalis atau justru glamor mewah.

Ruang tamu adalah bagian yang penting di dalam rumah, hal ini karena ruang tamu merupakan tempat yang pertama kalinya akan di lihat oleh tamu. Ada beberapa orang yang memiliki lahan yang terbatas untuk membangun rumah sehingga menyebabkan si pemilik rumah untuk pintar-pintar dalam menata interior dari semua ruangan rumah terutama untuk ruang tamu.

Cara Menata Perabot Ruang Tamu

Salah satu cara untuk menata ruang tamu adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan juga pemilihan furniture yang diperlukan untuk ruang tamu. Ruang tamu untuk setiap rumah memang tidak selalu memiliki kebutuhan perabotan yang sama. Hal ini tergantung dari gaya hidup si pemilik rumah tersebut. Bagi yang suka bersosialisasi mungkin tamu yang akan berkunjung akan lebih banyak dan juga sering.

Sedangkan bagi si pemilik rumah yang suka menghabiskan waktu diluar rumah maka cara menata ruang tamunya pun akan berpengaruh karena ruang tamu ini akan sangat jarang dikunjungi dan digunakan. Akan tetapi di setiap ruang tamu tersebut, harus ada penataan yang wajib dilakukan untuk menata perabotan.

Tips Menata Perabot Ruang Tamu

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menata perabotan ruang tamu yang tepat.

  • Penempatan Furniture Yang Sesuai

Sebelum Anda akan menata ruang tamu, maka perhatikan terlebih dahulu bentuk dari ruang tamu Anda apakah memanjang atau segiempat. Tempatkan perabot di tempat yang tepat. Jika Anda memiliki ruang tamu yang memanjang maka taruhlah sofa secara sejajar atau berhadapan. Jika Anda memiliki ruang tamu dengan model segi empat maka sebaiknya Anda meletakan sofa dengan sudut segi empat. Anda bisa gunakan sofa untuk pembatas ruangan satu dengan lainnya sebagai sekat. Dan juga tambahkan karpet di lantai Anda.

  • Meja Tamu

Meja tamu bisa Anda gunakan coffee table. Akan tetapi beberapa orang menganggap bahwa dengan tambahan perabotan seperti coffee table ini justru akan mempersempit ruang tamu Anda. Padahal perabot seperti ini juga penting. Jika Anda memiliki ruang tamu yang kecil maka cara yang baik untuk menata ruang tamu dengan ruangan terbatas adalah dengan menggantinya dengan perabot side table yang berukuran kecil.

Dengan tambahan meja tamu ini maka akan mempermudah tamu yang berkunjung ke rumah Anda yang membawa barang. Selain itu meja tamu ini juga sangat diperlukan untuk dapat menyajikan minuman kepada tamu Anda yang sedang berkunjung.

  • Lemari atau tempat penyimpanan

Ketika Anda memilih perabotan ruang tamu maka Anda harus memastikan perabot tersebut berfungsi juga sebagai tempat menyimpang sesuatu. Anda bisa menghadirkan lemari kecil. Jika Anda memiliki ruang tamu dengan ruangan yang terbatas maka Anda harus dapat menghadirkan perabotan yang dapat berfungsi lainnya. Misalnya saja meja yang memiliki laci atau kursi yang dilengkapi dengan laci di bawahnya.

  • Tambahan Perabotan Lainnya

Ketika ruang tamu Anda sudah dilengkapi dengan perabotan penting seperti kursi, meja dan lemari kecil, maka Anda juga perlu menambahkan perabotan tambahan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan aktivitas yang biasa Anda lakukan. Misalnya saja TV untuk di ruang tamu. Dengan tambahan TV maka Anda membutuhkan tambahan perabotan lainnya seperti meja yang kokoh.

  • Material Lantai

Anda bisa menambahkan material lantai yang tentunya sesuai dengan ruangan ruang tamu Anda senyaman mungkin. Dengan tambahan penggunaan material lantai ini Anda bisa memilih dengan material yang tidak terlalu keras dan hangat seperti parket dan vynil. Jika Anda menyukai hal yang mewah maka bisa menggunakan material keras seperti marmer.

Share