Bukanlah suatu akhir dunia ketika Anda telah berpindah ke tempat yang memiliki ruang tamu kecil. Ini bahkan bisa menjadi hal menarik dan nyaman dimana Anda mempunyai ruang tamu yang lebih kecil dibandingkan ruang tamu besar, bagi Anda ini mungkin akan menguntungkan. Masalahnya sekarang Anda harus berurusan dengan hal kecil yaitu mengatur perabotan di ruang tamu kecil ini.

Ada sebanyak 10 tata letak berbeda yang dapat Anda coba di ruang berukuran hanya 100 kaki persegi. Ambil area tempat duduk yang nyaman ini misalnya. Semua konfigurasi yang berbeda ini memiliki titik fokus di mana segalanya diatur dan hal itu dapat berbeda tergantung pada kasusnya. Beberapa kombinasi yang berbeda dapat dibuat menggunakan serangkaian furnitur seperti sofa, beberapa kursi, meja kopi dan lain-lain disesuaikan dengan kebutuhan.

Titik fokus ruang tamu dengan rak buku

Salah satu opsi adalah mengatur semua unit tempat duduk yang menghadap ke titik fokus yang bisa berupa apa saja. Misalnya, bisa berupa rak buku, perapian, TV, perapian atau lukisan. Dengan cara ini, tidak peduli bagaimana Anda menyesuaikan tata letak dan memutar kursi, semua orang akan dapat melihat titik fokus yang Anda berikan.

 

Pengaturan furnitur area percakapan

Pilihan lain adalah untuk menekankan area percakapan. Ini berarti furnitur perlu diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan orang untuk berjalan-jalan dan saling berhadapan ketika duduk. Anda dapat mengelompokkan sofa dan kursi bersama untuk mempermudah interaksi.

Penataan furnitur untuk ruang tamu

Jika Anda ingin ruang tamu seimbang secara visual dan merasa harmonis, makaambil pendekatan yang berbeda. Saat menata furnitur, pikirkan bagaimana itu akan berdampak pada dekorasi dan apa hubungannya dengan potongan lainnya. Misalnya, jika Anda meletakkan sofa di satu sisi ruangan, Anda dapat meletakkan dua kursi di seberangnya untuk menciptakan keseimbangan.

Perabot ruang tamu yang berani

Keluarga dengan anak-anak merasa sulit untuk menetapkan batas antara area bermain mereka dan ruang orang dewasa, terutama jika ruangannya kecil. Ini adalah jenis tata letak yang memungkinkan Anda untuk menggunakan partisi sederhana untuk menggambarkan area-area ini. Anda bisa menggunakan meja kopi atau sofa untuk itu.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan, sebelum mulai merencanakan tata ruang untuk ruang tamu Anda, adalah menentukan mana yang merupakan bagian penting dari furnitur, yang benar-benar harus Anda sertakan dalam desain Anda. Setelah Anda tahu apa yang perlu Anda kerjakan, Anda dapat mulai mengembangkan rencana.

Atur semua perabot penting ini dengan mulai dari yang terbesar. Ini biasanya sofa. Kemudian bangun desain Anda di sekitar potongan itu. Kursi berlengan bisa berada di sisi yang berlawanan dan di antara Anda dapat menempatkan meja kopi. Atau mungkin Anda lebih suka menempatkan semua kursi di satu sisi sehingga semua orang dapat melihat TV.

Lakukan percobaan dengan berbagai konfigurasi. Duduk dan analisis situasinya. Lihat apakah semua orang akan merasa nyaman dalam konfigurasi tertentu dan, jika tidak, buat beberapa perubahan. Biasanya furnitur diatur baik di sekitar TV atau perapian jadi putuskan apakah Anda ingin salah satu elemen ini menjadi titik fokus.

Setelah Anda memutuskan elemen mana yang harus menjadi titik fokus di ruang tamu Anda, sorot dengan menempatkan unit tempat duduk tepat di depannya. Dengan cara ini, mereka yang duduk di sana dapat mengagumi apa pun yang Anda pilih untuk disorot.

Biasanya, meja kopi, meja samping, atau meja apa pun yang Anda pilih harus diletakkan di ruangan paling ujung. Ketika Anda melakukan itu, pastikan itu tidak menghalangi lalu lintas dan bahwa setiap orang dapat duduk dengan nyaman tanpa harus mengubah posisi mereka karena sudut atau bentuk meja Anda.

Area lalu lintas ruang tamu

Jangan mengabaikan lalu lintas di daerah tersebut. Orang-orang harus dapat bergerak dengan bebas. Jika Anda telah membuat area percakapan, mereka seharusnya dapat bergerak di sekitarnya dan tidak melewatinya. Konfigurasi yang berbeda memungkinkan solusi yang berbeda untuk masalah ini.

Bentuk ruang tamu Anda

Tergantung pada bentuk ruang tamu Anda, Anda perlu menentukan di mana titik pusat seharusnya. Ini belum tentu menjadi pusat ruangan. Biasanya di mana meja kopi berada dan Anda dapat dengan mudah mengubahnya sesuai keinginan Anda.

Ruang tamu yang seimbang

Keseimbangan itu penting sehingga Anda perlu mendapatkan ukuran yang tepat untuk semuanya. Ruang tamu kecil biasanya tidak dapat mengambil furnitur besar. Namun, sofa besar bisa menjadi tambahan yang bagus untuk ruang selama sisa potongan tidak membanjiri ruangan.

Cahaya penting untuk ruang tamu

Pencahayaan juga sangat penting. Ruang tamu kecil bisa tampak lebih kecil jika gelap dan suram. Jadi cobalah membuatnya cerah. Jika ada jendela besar yang dapat Anda gunakan maka Anda beruntung. Namun Anda juga bisa bekerja dengan warna untuk mendapatkan perasaan yang diinginkan

Share