Saat Anda memiliki rumah, tentu ingin menambah berbagai fasilitas di dalamnya bukan? Salah satu yang paling favorit adalah taman. Taman menjadi tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga. Taman yang dipenuhi tanaman juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menghilangkan stres dan beban setelah seharian bekerja. Untuk Anda yang memiliki lahan sempit juga memiliki kesempatan untuk memiliki taman di rumah Anda.

Solusi Taman di Rumah dengan Lahan Sempit

Saat ini banyak orang di kota bear yang ingin memiliki taman di rumahnya. Sayangnya lahan sempit membuat mereka tidak dapat memperluas area rumah untuk membangun taman. Akan tetapi Anda tidak perlu kecewa karena saat ini sudah ada banyak desain taman minimalis yang dapat diterapkan di rumah Anda.

Contoh Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit

Ada banyak desain taman minimalis yang dapat diterapkan di lahan yang sempit, salah satunya adalah dengan memanfaatkan balkon rumah. Balkon rumah yang umumnya digunakan sebagai tempat bersantai juga dapat Anda sulap sebagai taman kecil di rumah Anda. Anda dapat menempatkan beberapa tanaman kecil lengkap dengan pot sebagai tempat tumbuh tanaman. Jangan memilih tanaman yang akan tumbuh terlalu besar karena hal ini akan sangat merepotkan saat tanaman tersebut terus membesar.  Anda dapat meletakkan beberapa pot di lantai balkon, menempel pada dinding, railing balkon, ataupun dengan menggantungkannya di atap.

Desain taman minimalis yang kedua adalah taman dengan memanfaatkan sebagian lahan teras. Saat membangun rumah, lahan depan kerap tersisa. Umumnya lahan ini digunakan sebagai teras. Untuk Anda yang tidak ingin memiliki teras dengan ukuran yang terlalu luas, maka Anda dapat memanfaatkan sebagian lahannya sebagai taman. Anda dapat membuat tempat duduk yang menyatu dengan teras rumah Anda. Anda juga dapat menambahkan tanaman pot di sisi taman untuk membuat taman semakin rindang.

Desain taman yang ketiga adalah desain taman minimalis yang dilengkapi dengan kolam ikan. Jika Anda salah satu orang yang ingin memiliki kolam ikan di lahan yang sempit, maka Anda dapat memanfaatkan sebagian taman untuk membuat kolam. Tidak perlu terlalu besar, akan tetapi cukup untuk ditinggali beberapa jenis ikan. Untuk membuat taman semakin rindang, Anda dapat menambahkan beberapa pohon kecil di sekitar kolam. Anda juga dapat menambahkan aplikasi air mancur mini di kolam ikan tersebut.

Untuk Anda yang ingin memiliki taman dengan kesan yang bersih, maka Anda dapat membuat taman kering dengan batuan koral di dalamnya. Jika umumnya taman dilengkapi dengan rerumputan, maka Anda dapat menggantinya dengan koral kecil. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus taman Anda. Taman jenis yang satu ini menjadi salah satu taman yang paling mudah perawatannya.

Anda juga dapat mencoba untuk membuat taman vertikal. Taman yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang benar-benar tidak memilih lahan untuk membuat taman. Anda dapat menempatkan beberapa pot dengan susunan vertikal pada dinding eksterior dinding rumah maupun pagar rumah Anda.  Selain itu, Anda juga dapat membuat shading jendela yang dapat digunakan untuk tempat pot bunga Anda.

Demikian di atas merupakan beberapa contoh desain interior taman minimalis yang dapat Anda terapkan di rumah Anda yang memiliki lahan minimalis. Taman minimalis ini dapat diterapkan pada rumah dengan lahan sempit akan tetapi ingin menikmati kesegaran tanaman hijau. Taman minimalis juga dapat digunakan untuk menekan biaya pembangunan rumah Anda. Hal ini disebabkan karena taman minimalis tidak membutuhkan banyak material dan tanaman dalam pembuatannya.

Share