Saat ini banyak orang yang menggunakan kayu sebagai material lantai rumah. Kebanyakan rumah yang menggunakan lantai sebagai material lantai adalah rumah dengan desain yang minimalis. Lantai memiliki motif yang unik sehingga banyak disukai oleh masyarakat di berbagai negara. Meskipun harga lantai kayu terbilang cukup mahal, ada banyak orang yang tetap ingin memiliki lantai dengan material ini.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan kayu sebagai material lantai. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan kayu sebagai material bangunan berkualitas untuk lantai:

  1. Lebih awet dan memiliki motif yang menarik

Lantai kayu menarik banyak orang karena memiliki motif yang unik. Corak alami dari kayu akan membuat Anda merasa lebih betah untuk berada di dalam rumah. Perawatan yang baik dapat membuat lantai kayu bisa bertahan hingga 20 tahun.

  1. Membuat ruangan menjadi lebih hangat

Kayu memiliki sifat yang mampu menyerap panas di siang hari dan akan menghangatkan ruangan Anda di malam hari.

  1. Perawatan yang lebih mudah

Untuk membersihkan lantai dari kayu cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan sapu bulu halus atau vacuum cleaner. Jika kotoran berupa cairan, maka Anda dapat menggunakan lap untuk membersihkannya.

Demikian di atas merupakan beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan kayu sebagai bahan dasar untuk material lantai.

Mengingat harga lantai kayu yang lumayan mahal, maka Anda juga harus memperhatikan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh lantai kayu. Salah satu kekurangan dari lantai kayu adalah perlu perlakuan khusus untuk menjaga kayu tetap awet. Kayu sangat rentan terhadap serangan rayap sehingga membutuhkan perlakukan khusus agar kayu tetap awet. Untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan, maka Anda harus rajin memotong kuku hewan Anda agar tidak merusak lantai kayu.

Kekurangan lainnya yang harus Anda perhatikan adalah lantai kayu yang tidak tahan lembab. Seperti yang Anda tahu, kayu sangat tidak tahan terhadap kelembaban karena mudah ditumbuhi jamur. Hal ini membuat Anda harus menggunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai. Karena pel lantai dapat membuat kayu menjadi semakin lembab.

Tips Mudah Memilih Lantai Kayu yang Berkualitas

Dengan memperhatikan berbagai pertimbangan di atas, maka Anda harus memilih lantai kayu dengan tepat. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih kayu sebagai material lantai:

  1. Memiliki pola beragam dan khas

Lantai yang terbuat dari kayu asli tentu memiliki pola khas yang berbeda antar satu kayu dengan yang lainnya. Pola khas pada lantai kayu akan membuat ruangan Anda lebih terkesan alami.

  1. Jenis kayu yang digunakan

Ada beberapa jenis kayu yang digunakan untuk membuat lantai. Berbeda jenis kayu tentu akan menghasilkan kualitas yang berbeda pula. Anda dapat memilih lantai dengan bahan kayu parquet. Lantai kayu yang satu ini dibagi menjadi beberapa jenis. Menurut bahan dari pembuatannya, lantai kayu ini dibagi menjadi 3, yaitu kayu asli, buatan, dan campuran keduanya.

  1. Anti rayap

Hal ini tentu sangat penting untuk Anda perhatikan ketika Anda akan memilih kayu sebagai bahan dasar lantai Anda. Kayu sangat rentan keropos karena gangguan rayap. Kayu dengan kualitas yang rendah akan sangat mudah diserang oleh rayap. Anda dapat memilih lantai dengan bahan kayu yang telah dilapisi dengan anti rayap. Jika pun belum, nada dapat membeli anti rayap dan mengoleskan pada lantai kayu Anda.

  1. Tahan akan suhu dan cuaca

Seperti yang Anda tahu, Indonesia memiliki iklim tropis yang membuat Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Anda harus memastikan bahwa lantai kayu yang Anda pilih tahan di suhu panas maupun udara lembab yang dingin. Kayu dengan kualitas rendah umumnya tidak tahan terkena suhu yang berubah-ubah.

  1. Tahan akan air

Seperti yang Anda tahu, kadar air yang terlalu tinggi tidak baik terhadap perkembangan kayu. Kadar air yang terlalu tinggi membuat kayu rapuh dan mudah keropos.

  1. Pemilihan warna yang tepat

Warna kayu juga akan mempengaruhi keindahan ruangan Anda umumnya, lantai kayu menggunakan warna kayu tersebut. Yang membedakan satu dengan lainnya adalah tingkatan warna kayu. Anda dapat menyesuaikan dengan nuansa ruangan yang akan Anda tinggali.

Demikian di atas merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih lantai kayu. Untuk Anda yang ingin memperoleh informasi harga lantai kayu terbaru, maka Anda dapat melakukan penelusuran dengan menggunakan internet. Sebaiknya Anda melakukan survei harga terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasar dari lantai kayu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda membeli kayu berkualitas dengan harga yang wajar. Saat ini ada banyak orang yang melakukan kecurangan dengan menjual barang dengan harga yang tidak wajar.

Share