Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi suatu keluarga. Rumah menjadi tempat berlindung dari berbagai macam gangguan yang ada di luar. Rumah juga menjadi tempat yang berfungsi untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Anda dapat menghabiskan waktu Anda bersama keluarga dan berbagai cerita satu sama lain.

Pemilihan Material Bangunan sebagai Tahap Penting dalam Membuat Rumah

Membangun rumah memang menjadi perkara yang harus diperhatikan dengan penting. Ada banyak tahap penting yang tidak boleh Anda lewati, salah satunya adalah pemilihan bahan bangunan. Bahan bangunan yang akan digunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas dari bangunan Anda. Saat Anda bekerja sebagai seorang arsitek, maka Anda akan memiliki peran penting dalam pemilihan bahan bangunan untuk rancangan bangunan yang dibuat. Sedangkan untuk Anda yang bekerja sebagai seorang kontraktur, maka akan memiliki peran untuk memberikan saran bahan yang digunakan dalam proyek yang Anda tangani.

Tips Mudah Memilih Material Bangunan Berkualitas

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih bahan bangunan yang berkualitas. Berbeda bahan bangunan tentu akan berbeda pula cara pemilihannya. Berikut ini beberapa contoh tips pemilihan bahan bangunan:

  1. Pemilihan pasir

Pasir menjadi salah satu bahan atau material penting yang harus dimiliki saat Anda akan membangun sebuah rumah. Pasir yang memiliki kualitas baik ialah pasir yang kandungan lumpurnya kurang dari 5%. Adanya lumpur pada pasir dapat membuat campuran semen dan pasir tidak kuat. Untuk mengetahui kualitas pasir pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil segenggam pasir dengan kuat. Pasir yang baik terasa tajam pada telapak tangan. Tidak hanya itu, pasir yang baik tidak akan menggumpal ketika digenggam dengan kuat.

Musim hujan merupakan musim yang mudah untuk memperoleh pasir berkualitas. Hal ini disebabkan karena pasir yang baik berasal dari material vulkanik dari erupsi gunung berapi. Saat musim hujan datang, pasir yang berada di atas gunung akan turun bersama dengan aliran air sehingga akan terpisah dengan material lain seperti lumpur.

  1. Pemilihan batu bata

Batu bata juga menjadi salah satu bahan bangunan yang sangat penting. batu bata banyak digunakan untuk material pagar, dinding, serta beberapa elemen bangunan lainnya. Batu bata yang paling sering digunakan adalah yang terbuat dari bahan tanah liat yang kemudian dibakar hingga warna merah kecokelatan.

Cara mengenali batu bata yang berkualitas pun sangat mudah. Anda cukup mengetuk bagian permukaan bata dengan menggunakan jari Anda. Batu bata yang berkualitas memiliki suara ketukan yang nyaring didengar. Batu bata yang berkualitas akan ringan saat diangkat, akan tetapi memiliki pori-pori yang padat. Jika Anda memiliki waktu yang cukup, maka Anda dapat merendam batu bata selama kurang lebih 24 jam. Batu bata yang berkualitas akan menyerap kurang dari 1/10 air rendaman.

  1. Pemilihan batu pondasi

Pondasi menjadi salah satu bagian yang penting karena menentukan kekuatan rumah Anda. Pemilihan batu untuk pondasi juga sangat penting. Batu yang baik digunakan untuk pondasi rumah adalah batu belah. Batu yang satu ini merupakan hasil pemecahan batu berukuran besar. Batu belah umumnya memiliki warna hitam dan putih kecokelatan. Batu belah sangat tepat digunakan untuk membuat pondasi rumah karena bentuknya yang akan saling mencengkeram satu sama lain. Hal ini berbeda dengan batu bulat yang memiliki daya cakram lemah.

  1. Pemilihan genteng

Genteng menjadi elemen yang penting karena memiliki peran untuk melindungi isi rumah dari sinar matahari dan hujan. Ada banyak jenis genteng yang dapat Anda temukan, mulai dari bahan tanah liat, keramik, beton, metal, dan beberapa bahan lainnya. Genteng yang baik merupakan genteng yang dapat melindungi isi bangunan, tahan cuaca, nyaman, tahan lama, dan warna tidak mudah pudar. Genteng keramik menjadi salah satu genteng yang banyak digunakan sampai saat ini.

Untuk mengenali genteng keramik yang berkualitas adalah dengan mengetuk permukaan genteng. Genteng yang berkualitas akan terdengar suara nyaring. Selain itu juga memiliki ukuran yang sama dan tidak retak atau cacat. Saat Anda memilih genteng keramik yang memiliki warna, maka sebaiknya memilih genteng keramik dengan pewarna bahan glazur. Pewarna ini lebih tahan lama jika dibandingkan dengan pewarna lain.

  1. Pemilihan keramik

Saat ini tersedia berbagai lantai keramik yang penuh dengan motif, warna, ukuran, serta tekstur. Lantai keramik bisa dibilang sebagai material paling murah jika dibandingkan dengan material lainnya. Keramik yang berkualitas ditandai degan bobot keramik yang cukup berat, tidak ada jejak saat diusap dengan tangan, serta tahan akan goresan.

Demikian di atas merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih bahan atau material bangunan rumah. Memilih bahan bangunan membutuhkan waktu dan kecermatan agar nantinya bangunan Anda mendapatkan hasil yang memuaskan dan tentunya tahan lama.

Share